AMBIEN DAN WASIR SEMBUH ALAMI TANPA OPERASI (METODE FIKH ISLAM)

    Penyakit ambien/wasir yang dikenal dalam dunia kedokteran dengan Hemoroid acap kali diderita oleh sebagian besar orang. Penyakit ini dapat menyerang baik laki-laki maupun perempuan disegala usia dari anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Gejala yang dirasakan mulai dari BAB keluar darah, nyeri, gatal, dan sampai tumbuhnya benjolan di dalam anus atau  keluar anus.  Ambien sendiri dalam kedokteran terdapat dua jenis yang berbeda, pertama adalah internal dan kedua adalah eksternal.

AMBIEN DAN WASIR SEMBUH ALAMI TANPA OPERASI (METODE FIKH ISLAM)

    Hemoroid Internal adalah melebarnya pembuluh darah vena didalam anus. Ambien jenis ini mempunyai gejala yang berbeda-beda dan penanganan yang berbeda dalam kedokteran sesuai stadium penderitanya. Gejala yang muncul pada stadium pertama adalah pendarahan ketika BAB. Sedangkan pada stadium kedua adalah munculnya pembengkakan/benjolan di dalam anus. Pada stadium ketiga benjolan tersebut sudah keluar dan dapat masuk dengan sendirinya ketika BAB. Pada stadium terakhir, benjolan tersebut sudah tidak dapat masuk tanpa bantuan tangan. 


    Hemoroid Eksternal berbeda gejalanya dengan wasir internal. Wasir ini dapat diketahui dengan munculnya benjolan yang mengelilingi dubur anus disebabkan pembuluh vena sekitar anus yang melebar. Baik wasir internal ataupun eksternal dapat diakibatkan oleh belbagai hal, diantaranya sembelit, mengejan terlalu keras, sering duduk, sering berdiri, fisura ani, batuk berkepanjangan, melahirkan dan lain-lain.


    Apakah ada solusi dalam Islam untuk mengobati wasir?. Dijelaskan dalam Syarah Fathul Mu’in karangan Syaikh Zainuddin bahwasanya seseorang yang mendawamkan melakukan sholat sunnah qabliyah shubuh dengan 2 rakaat, dimana pada rakaat pertama membaca surat Al-Insyiroh dan raka’at ke dua membaca surat Al-Fiil insyaallah akan disembuhkan dan hilang penyakit wasirnya. Dijelaskan dalam redaksinya,


وركعتان قبل صبح ويسن تخفيفهما وقراءة الكافرون والإخلاص فيهما لخبر مسلم وغيره وورد أيضا فيهما {أَلَمْ نَشْرَحْ لَكَ} و {أَلَمْ تَرَ كَيْفَ} وأن من داوم على قراءتهما فيهما زالت عنه علة البواسير


Disunnahkan melakukan 2 rakaat sebelum sholat subuh dan disunnahkan untuk mempercepat bacaannya dan membaca surat Al-Kafirun dan Al-Ikhlas sesuai dengan hadits Imam Muslim dan lainnya. Dan juga adanya penjelasan untuk membaca didalamnya surat Al-Insyiroh dan Al-Fiil. Dan sungguh orang yang mendawamkan membaca dua surat tersebut akan sembuh penyakit wasirnya.


Jadi sebagai muslim tidak ada salahnya untuk tidak hanya ikhtiar dengan cara medis dan herbal dengan mongkonsumsi obat-obatan saja akan tetapi juga dengan ikhtiar melakukan apa yang dijelaskan oleh para Ulama’ dalam hikmah melakukan ibadah. Waallhu A’lam Bis Showab.


Ditulis: Muchammad Akrom Afdhol-Kudus Jateng

Posting Komentar untuk "AMBIEN DAN WASIR SEMBUH ALAMI TANPA OPERASI (METODE FIKH ISLAM)"