STATUS WUDLUNYA ORANG YANG AMBEYEN

Pertanyaan: Ambeien merupakan salah satu jenis penyakit yang tidak tergolong ganas, dan jenis penyakit ini biasanya menyerang seseorang yang keseringan duduk. Biasanya jika orang sudah terkena penyakit ini, maka bol-nya akan selalu keluar. Tidak itu saja, kadang dari bol itu mengeluarkan semacam darah. Apakah keluarnya ambeien (jawa; bol) bisa membatalkan wudlu? dan Apakah keluarnya darah dari penyakit ambeyen (bawâsir) dapat membatalkan wudlu?

SETATUS WUDLUNYA ORANG YANG AMBEYEN


Jawab: Ya, apabila ambeyen tersebut tumbuh dari dalam anus atau tambah keluar, jika sebelumnya sudah diluar. Sedangkan keluarnya darah yang disebabkan dari penyakit ambeyen, apabila darah tersebut keluar dari dalam anus, maka dapat membatalkan.

Referensi:

إعانة الطالبين الجزء 1 صحـ : 59 مكتبة دار الفكر

وَنَوَاقِضُهُ خُرُوْجُ شَيْءٍ مِنْ أَحَدِ سَبِيْلَي الْمُتَوَضِّئِ الْحَيِّ وَلَوْ كَانَ الْخَارِجُ بَاسُوْرًا نَابِتًا دَاخِلَ الدُّبُرِ فَخَرَجَ أَوْ زَادَ خُرُوْجُهُ أَيْ بِأَنْ خَرَجَ مِنْهُ قَبْلَ الْوُضُوْءِ ثُمَّ بَعْدَهُ زَادَ خُرُوْجُهُ فَإِنَّهُ يَنْقُضُ الْوُضُوْءُ اهـ 

بغية المسترشدين صحـ : 39 مكتبة دار الفكر

(مَسْأَلَةٌ ج) اُبْتُلِيَ بِبَلَلٍ يَخْرُجُ مِنْ ذَكَرِهِ فَإِنْ تَحَقَّقَ خُرُوْجُهُ مِنْ دَاخِلِهِ فَنَجْسٌ يَنْتَقِضُ بِهِ الْوُضُوْءُ وَإِلاَّ فَلاَ نَقَضَ وَلاَ تَنْجُسُ لِلشَّكِّ وَأَمَّا الدَّمُّ الْخَارِجُ مِنَ الدُّبُرِ مِنْ عِلَّةِ الْبَوَاسِيْرِ أَوْ غَيْرِهَا فَإِنْ كَانَ مِنْ دَاخِلِ الدُّبُرِ نَقَضَ قَطْعًا أَوْ مِنْ خَارِجِهِ فَلاَ  اهـ

Anda memiliki pertanyaan seputar fikih dan hukum-hukum islam? kirimkan pertanyaan anda ke kami di email gomuslim20@gmail.com atau di bagian kolom TANYA HUKUM di bagian atas website.


Post a Comment for "STATUS WUDLUNYA ORANG YANG AMBEYEN"