MENENTUKAN AWAL TIAP BULAN MASEHI DALAM SATU TAHUN (BELAJAR ILMU FALAK)

Setelah sebelumnya saya jelaskan bagaimana cara menentukan 1 Januari pada tiap-tiap awal tahun masehi, sekarang pada pembelajaran kali ini akan saya jelaskan bagaimana cara menentukan awal tiap bulan masehi dalam satu tahun penuh. Oleh karenanya apabila belum mengikuti pembelajaran sebelumnya dapat membacanya di post yang berjudul CARA MENGHITUNG AWAL TAHUN MASEHI.

MENENTUKAN AWAL TIAP BULAN MASEHI DALAM SATU TAHUN (BELAJAR ILMU FALAK)


Data yang diperlukan adalah hari & pasaran pada tanggal 1 januari dan data kabisat/basitoh. Untuk yang belum mengerti apa itu tahun kabisat dan basitoh atau bagaimana cara menentukannya dapat dibaca di artikel yang berjudul CARA MENCARI TAHUN KABISAT DALAM PENANGGALAN MASEHI. Contoh kita akan menentukan kapan hari & pasaran setiap awal bulan pada tahun 2021.

Data:

1. 1 Januari 2021 jatuh pada hari Jumu’ah Pahing

2. Tahun 2021 merupakan tahun Basitoh

3. Tabel Rumus Awal Bulan


MENENTUKAN AWAL TIAP BULAN MASEHI DALAM SATU TAHUN (BELAJAR ILMU FALAK)


PEMBAHASAN:

1. Tentukan dulu apakah tahun yang sedang dicari kabisat / basitoh. Jika sudah diketahui fokuslah pada tabel kabisat/basitoh . Hr menunjukkan hari sedangkan Ps menunjukkan pasaran. Tahun yang kita cari adalah 2021 yang mana merupakan tahun basitoh, maka kita hanya fokus pada tabel yang basitoh.

2. Buatlah awal 1 Januari (hari & pasaran sebagai patokan). Ingat perhitungan hari dan pasaran dimulai dari hari dan pasaran pada tanggal 1 Januari secara berurutan. Jika 1 Januari 2021 jatuh pada hari Jumuah Pahing maka menentukan 1 Februari adalah dengan menjadikan Jumuah sebagai patokan dan data di tabel untuk bulan Februari pada tahun basitoh adalah 4. Artinya kita akan menghitung 4 kali dari mulai Jumuah. Jumuah, Sabtu, Ahad, Senin. Maka 1 Februari 2021 jatuh pada hari Senin.

3. Menentukan pasaran sama persis dengan menentukan hari. Jika 1 Januari pasarannya adalah Pahing, maka itu yang akan dijadikan patokan. Lihatlah data pasaran Februari pada tahun basitoh adalah 2 bearti kita menghitung 2 kali yaitu, Pahing – Pon. Maka dapat disimpulkan pasaran 1 Februari adalah Pon. Dan jawabannya 1 Februari adalah jatuh pada Senin Pon.

4. Ingat untuk bulan setelahnya Maret sampai Desember tetap menggunakan hari dan pasaran pada tanggal 1 Januari sebagai patokan utama. Coba tentukan awal bulan Maret-Desember  dan tulis jawabannya di kolom komentar. Selamat mencoba.


Post a Comment for " MENENTUKAN AWAL TIAP BULAN MASEHI DALAM SATU TAHUN (BELAJAR ILMU FALAK)"