APAKAH TAFSIR PINGGIR TERMASUK MUSHAF?

APAKAH TAFSIR PINGGIR TERMASUK MUSHAF?
Pertanyaan:
Disiplin ilmu yang membahas kandungan isi al-Qur’an (baca; kitab Tafsir) sangat beragam sekali. Ada yang ditulis di tengah, antara al-Qur'an dan tafsirnya jadi satu, ada juga model tafsir yang dipisah dari al-Qur'annya,  seperti tafsirnya ditulis dibawah atau dipinggir mushhaf al-Qur’an. Apakah tafsir yang ditulis dipinggir atau dibawah sama seperti tafsir pada umumnya ataukah masih dikatakan mushhaf, mengingat tafsirnya disendirikan dari al-Qur’an?

Jawab: Menurut Imam Romli hukumnya tetap sama dengan tafsir pada umumnya.

Referensi: 

حاشية الجمل الجزء 1 صحـ : 77 مكتبة دار الفكر
( وَسُئِلَ ) الْعَلاَّمَةُ الرَّمْلِيُّ عَمَّا لَوْ كُتِبَ تَفْسِيْرٌ عَلَى هَوَامِشِ مُصْحَفٍ مَثَلاً هَلْ يَبْقَى لَهُ حُكْمُ الْمُصْحَفِ أَمْ يَصِيْرُ كَالتَّفْسِيْرِ ( فَأَجَابَ ) بِأَنَّهُ يَصِيْرُ كَالتَّفْسِيْرِ أَقُوْلُ وَفِيهِ نَظَرٌ لأنَّ الْهَوَامِشَ قَبْلَ كِتَابَةِ التَّفْسِيْرِ عَلَيْهَا تَحْرُمُ تَبَعًا لِلْقُرْآنِ فَإِنْ حُمِلَ كَلاَمُهُ عَلَى مَا إذَا كَانَ يَكْتُبُ اْلآيَةَ عَلَى حِدَّةٍ ثُمَّ يَكْتُبُ التَّفْسِيرَ عَلَى الْهَامِشِ فَوَاضِحٌ اهـ بِرْمَاوِيٌّ 

Anda memiliki pertanyaan seputar fikih dan hukum-hukum islam? kirimkan pertanyaan anda ke kami di email gomuslim20@gmail.com atau di bagian kolom TANYA HUKUM di bagian atas website.

Post a Comment for "APAKAH TAFSIR PINGGIR TERMASUK MUSHAF?"