WAJIB TAHU MACAM-MACAM JAM, HARI, DAN PASARAN

WAJIB TAHU MACAM-MACAM JAM, HARI, DAN PASARAN
Dalam Ilmu Falak sudah tidak asing lagi istilah hari, jam, pasaran, tahun. Mau tidak mau istilah ini akan acap kali dipakai dalam ilmu yang mempelajari cara untuk mengetahui waktu ibadah dan pembuatan kalender ini. Oleh karenanya dalam pembelajaran Ilmu Falak kali ini, akumuslim akan mengenalkan apa itu yang dimaksud dengan hari, pasaran dan macam-macam jam dalam Ilmu Falak.


Hari

Hari menurut bahasa adalah waktu sedangkan menurut syara' adalah waktu yang dimulai dari fajar shodiq dan diakhiri dengan terbenam matahari.Hari menurut Ahli Falak adalah waktu berputarnya bumi menurut porosnya dengan satu kali putaran atan waktu rotasi bumi. Permulaan hari menurut Ahli Falak adalah mulai dari tergelincirnya matahari sampai tergelincirnya matahari yang kedua.

Jam

Jam atau waktu itu dibagi 4:
1. Jam زوالية وسطية 
Jam yang dimulai pada jam 12 malam .Dalam bahasa inggris disebut GMT(Greenwich mean Time) yaitu waktu rata-rata yang didasarkan pada bujur 0°(Bujur kota Greenwich di London) Waktu ini dipakai oleh seluruh dunia. Daerah di bujur timur Greenwich setiap kenaikan 15° ditambah 1 jam,sedangkan daerah dibujur barat kota Greenwich setiap kenaikan 15° dikurangi 1 jam.
Perhatikan gambar dibawah ini!
      
                                                      

Waktu Indonesia terbagi menjadi 3:
1.WIB   = waktu yang berdasarkan bujur 105°
2.WITA= waktu yang berdasarkan bujur 120°
3.WIT   = waktu yang berdasarkan bujur 135°

Untuk  selisih kota Mekkah dan Waktu WIB adalah sekitar -4 Jam 

2. Jam   غروبية
Jam yang dimulai pada terbenamnya matahari.Yang menggunakan waktu atau jam ini adalah orang-orang Arab.

3. Jam   زوالية استواءية
Jam yang dimulai dari tergelincirnya matahari,pada waktu itu jam menunjukkan 12.00 dan berlaku sama untuk setiap hari.Yang menggunakan adalah orang Islam di Indonesia khususnya Jawa.

4. Jam شرقية  
Jam yang di mulai dari terbitnya matahari. Dan belum ada yang menggunakan sistem jam ini.

Pasaran

Pasaran adalah nama sebuah pendamping hari yang bergulir setiap 35 hari sekali. Pasaran ini pada umumnya dipakai oleh orang-orang jawa untuk memudahkan perhitungan waktu yang biasa disebut dengan selapanan. Pasaran ini jumlahnya ada 5:
1.Legi
2.Pahing
3.Pon
4.Wage
5.Kliwon

sedangkan hari jumlahnya ada 7 yang bisa dilihat di gambar dibawah ini sesuai dengan negara/bangsa yang menggunakan:


Harinya orang yang memakai Jam غروبية mendahului harinya orang yang memakai jam زوالية وسطية ,harinya orang yang memakai jam  زوالية وسطية  mendahului harinya orang yang memakai jam زوالية استواءية. Semoga bermanfaat. 

Post a Comment for "WAJIB TAHU MACAM-MACAM JAM, HARI, DAN PASARAN"