TINGKATAN DERAJAT PARA PENGHAFAL AL-QUR'AN

TINGKATAN DERAJAT PARA PENGHAFAL AL-QUR'AN
Menjadi penghafal kitab suci Al-Qur'an adalah anugerah yang perlu disyukuri karena termasuk dari golongan hamba-hamba Allah yang terpilih untuk menjaga keorisinalitas kitab suci umat Islam. Mereka para penghafal Al-Qur’an adalah orang-orang pilihan yang mendapatkan banyak kemuliaan disisi Allah SWT. Tapi tak cukup hanya hafal di hati dan pikiran saja, penghafal Al-Qur'an pun ada tingkatan keilmuan dan pengamalan. 

Beberapa tingkatan-tingkatan dan penyebutan untuk para penghafal Al-Qur’an adalah sebagai berikut:


1. Hafidzul Qur'an

Golongan ini adalah golongan umum para penghafal Al-Qur'an entah itu baik bacaannya atau tidak, mengerti tajwid atau tidak. Tingkatan ini menjadi dasar pijakan untuk menjadi Ahlul Qur'an yang sempurna. 


2. Ahlul Ada'

Adalah golongan penghafal Al-Qur'an yang tidak hanya menghafal dan membaca dengan benar saja akan tetapi ia juga faham akan ilmu tajwidnya sehingga mengetahui, memahami, dan dapat mempraktekkan hukum-hukum bacaan yang tidak diketahui oleh orang-orang awam bahkan orang-orang yang yang sudah belajar ilmu tajwid sekalipun. 


3. Ahlul Qiro'ah

Golongan penghafal yang sudah mencapai tingkatan ahlul ada' dan faham serta ahli dalam pembacaan wajah-wajah qiro’ah dalam Al-Qur'an beserta konsep-konsepnya yang ada dalam ilmu qiro'ah. 


4. Hamilul Qur'an

Golongan yang tidak hanya hafal dan mengerti seluk beluk Qur'an akan tetapi juga dapat mentadabbur maknanya serta mengamalkan ajaran yang ada dalam al-Qur'an. Golongan ini adalah derajat tertinggi bagi ahlul Qur'an. Oleh karenanya para ulama salaf lebih sering menyebut hamilul qur'an dari pada istilah hafidhul qur'an dalam kitab, karena golongan ini adalah benar-benar golongan terbaik dari para Ahli Qur'an. 


Kemudian PR kita adalah masih di tingkatan apa sekarang? Atau cuma puas di situ-situ saja tidak mau belajar sampai maut menjemput?. Mari terus menerus untuk tetap semangat belajar untuk mensyiarkan agama Islam di muka bumi.


Post a Comment for "TINGKATAN DERAJAT PARA PENGHAFAL AL-QUR'AN"