MENGENAL MODEL TULISAN RASM USMANI

Penulisan merupakan bagian dari cara  untuk menerjemahkan sesuatu agar dapat dibaca dan dipahami dengan baik dalam segala bahasa. Dalam bahasa arab kita kenal dengan istilah khot / rasm. Tapi tahukah kalian bila dalam bahasa arab terdapat macam-macam cara penulisan yang bergantung terhadap apa yang ditulis? Kemudian, macam penulisan apa yang dipakai dalam penulisan Mushaf Al-Qur’an Al-Karim? Berikut saya paparkan secara singkat macam-macam penulisan dalam Bahasa Arab.

1. Rasm Qiyasi
Rasm qiyasi atau dikenal dengan Rasm Imla’i adalah penggambaran lafadz-lafadz dalam Bahasa Arab memakai huruf hija’iyyah yang sesuai dengan apa yang diucapkan dalam huruf dan jumlah bilangannya dengan tanpa memandang sifat Iqlab, Idghom, Ikhfa’ dan sifat-sifat lainnya dan dengan menetapkan permulaan dan akhiran dalam setiap kalamnya. Rasm qiyasi ini digunakan dikebanyakan penulisan dalam bahasa arab seperti kitab, majalah, koran, dan buku-buku.

2. Rasm ‘Arudhi
Adalah penggambaran lafadz yang sesuai dengan  potongan-potongan, ukuran, dan kaidah-kaidah dalam ilmu ‘Aruld (Ilmu yang mempelajari cara membuat sya’ir dalam Bahasa arab)

3. Rasm Istilahi
Adalah penggambaran lafadz-lafadz dalam Mushaf Al-Qur’an yang berbeda dengan kaidah dalam rasm qiyasi. Rasm ini juga dikenal dengan istilah Rasm ‘Usmani karena diberlakukan pada zaman Kholifah Usman bin Affan dan disetujui untuk digunakan umat Islam.

    Oleh karenanya penting sekali menggunakan Rasm Usmani sebagai acuan penulisan mushaf sebagai standar Mushaf yang telah disepakati umat saat zaman Kholifah Usman bin Affan untuk menghidari perdebatan mengenai pembacaan ayat – ayat Al-Qur’an yang berbeda-beda sesuai dengan tujuh Imam Qiro’ah.  Bukankah perumus-perumus mushaf Rasm Usmani ini adalah para sahabat Nabi Muhammad SAW yang mulia dan bagaikan bintang dalam memberikan petunjuk di jalan yang benar kepada umat muslim. berikut ini kami bedakan gambar contoh tulisan mushaf yang berasm usmani dan yang bukan, silahkan perhatikan tanda yang bergaris merah dengan baik gambar di bawah ini:


keterangan: dalam gambar terdapat 2 contoh, yang diatas adalah mushaf bukan rasm usmani dan yang dibawah adalah mushaf rasm usmani.

    Setelah mengetahui macam-macam penulisan Bahasa Arab, masihkah mau menggunakan Mushaf yang tidak be-rasm Usmani? Atau masih ragu untuk menggunakannya? atau masih timbul pertanyaan mengapa harus menggunakan Mushaf Usmani?. Saya sarankan untuk membaca buku berjudul “Mari Menggunakan Al-Qur’an Rasm Usmani” karya beliau Syaikhuna Al-Ustadz KH.Maftuh Bastul Birri Lirboyo.  Buku ini menarik untuk dibaca dan dipelajari sebagai pengantar dan pengenalan Rasm Usmani.

Post a Comment for "MENGENAL MODEL TULISAN RASM USMANI"