KISAH IMAM GHOZALI DAN SEEKOR LALAT

KISAH IMAM GHOZALI DAN SEEKOR LALAT
Akhirat adalah tempat tujuan terakhir bagi manusia dari kehidupan yang fana di dunia. Dalam akhirat ini manusia terbagi menjadi dua golongan. Golongan pertama adalah golongan orang-orang yang berseri-seri wajahnya dan menerima buku catatan amalnya dengan tangan kanannya merekalah penduduk surga. Dan golongan yang kedua adalah golongan orang-orang yang bermusam wajahnya dan menerima buku catatan amalnya dari tangan kiri, merekalah para penduduk neraka.

Banyak sekali jalan menuju surga akan tetapi kita tidak tahu dari sekian banyak amal ibadah, ibadah mana yang diterima oleh Allah SWT dan akhirnya Allah SWT mengampuni dosa-dosa hambanya dan memasukkannya ke dalam surga Allah yang kekal abadi. Akan tetapi tetaplah Surga dan Neraka merupakan hak perogratif Allah SWT yang telah ditulis dan ditetapkan kepada setiap hamba-Nya.

Ada beberapa cerita menarik mengenai beberapa ulama’ dan hamba-hamba sholih yang dimasukkan Allah ke dalam surga dan diampuni dosa-dosanya. Terkadang beberapa amal yang kita anggap remeh dan mungkin tidak bearti sama sekali, malah itu yang dapat menolong kita dan menyelamatkan kita dari siksa api neraka.  Berikut beberapa hamba-hamba sholih yang diampuni dosa-dosanya sebab amal-amal yang ringan:

Kisah Imam Ghozali yang diampuni dosanya sebab seekor lalat

Pernah suatu hari Imam Al-Ghozali sedang mempelajari dan menulis kitabnya dengan tinta. Disaat itulah datang seekor lalat dan meminum air dari tinta yang sedang beliau digunakan. Seketika itu Imam Al-Ghozali menunggu sampai lalat itu puas meminumnya dan pergi. Setelah pergi kemudian beliau baru melanjutkan kegiatan menulisnya. Ternyata bukan sebab kitab besar yang dikarang beliau yang dapat menyelamatkannya dari api neraka, akan tetapi sebab kisah seekor lalatlah yang dapat sebagai pelebur dosa-dosanya dan memasukkannya ke dalam surga.

Kisah Imam Abu Bakar As-Syibli yang diampuni dosanya sebab seekor kucing.

Suatu Ketika Syekh Abu Bakar As-Syibli berjalan-jalan di gang-gang kota Bagdad. Di tengah perjalanan beliau menemukan seekor kucing kecil yang tubuhnya gemetar dan kejang sebab kedinginan. Dengan hati nuraninya, Syekh Syibli pun mengambil kucing mungil tersebut dan meletakkannya ke dalam kantong yang dibawanya kemudian menghangatkan tubuhnya. Dari sebab kisah inilah kemudian Allah mengampuni dosa-dosa beliau dan mengumpulkan dengan golongan orang-orang soleh.

Kisah perempuan penzina yang diampuni dosanya sebab seekor anjing

Suatu saat hidup seorang perempuan penzina yang setiap harinya selalu bermaksiat kepada Allah SWT. Suatu saat saat ia berjumpa dengan seekor anjing yang sedang sekarat sebab kehausan. Sang perempuan itupun meraasa kasihan dan memberikan minuman yang sedang dibawanya kepada sang anjing. Setelah meminumnya, sang anjing pun berangsur-angsur pulih dan sehat Kembali. Dan sebab inlah kemudian Allah mengampuni dosa-dosa sang permepuan tersebut.

Oleh karenanya kita tidak boleh meremehkan sedikit apapun amal, bisa jadi amal tersebutlah yang menolong dan menyelamatkan kita. Semoga bermanfaat


Post a Comment for "KISAH IMAM GHOZALI DAN SEEKOR LALAT"