DAKWAH YANG BAIK DI TENGAH MASYARAKAT

DAKWAH YANG BAIK DI TENGAH MASYARAKAT
Kewajiban seorang berilmu adalah menyampaikan  ilmu yang dimilikinya kepada orang lain dengan cara yang benar agar mencapai ke jalan yang benar. Masyarakat yang berbeda sifat dan karakternya tentu mempengaruhi cara dakwah yang tepat untuk memikat hati umat. Tentunya bagi seorang pendakwah baik itu ulama’/ kyai/ ustadz atau yang lain harus memiliki prinsip-prinsip yang menjadi pegangan dalam berdakwah. Dengan prinsip-prinsip tersebut seseorang ketika berdakwah tidak menjadi putus asa dan merasa gagal dalam menyampaikan ilmunya. Berikut prinsip-prinsip yang harus dimiliki seorang pendakwah:

1. Berprinsip براء yaitu tidak menyalahkan dan membenarkan orang lain.

    Seorang pendakwah harus mampu mengatur Bahasa lisan dan tubuhnya agar tidak menyalahkan orang lain yang berakibat orang tersebut tidak mau mendengarkan dan menerima dakwah atau membenarkan orang lain terus menerus yang berakibat orang tersebut merasa tidak akan salah dan bangga terhadap apa yang dilakukan. Ketika ada hukum-hukum furu’iyyah yang terjadi khilaf di dalamnya berusaha untuk mengeluarkan fatwa sesuai dengan kondisi dan situasi umat sehingga hukum yang diterima menjadi luwes (longgar) dan tidak kaku di masyarakat akan tetapi juga tidak keluar dari syari'at.

2. Berprinsip الدين النصيحة (Agama adalah nasehat)

    Dengan prinsip ini seorang pendakwah harus menyadari bahwasnya ajaran agama adalah nasehat bagi setiap pemeluknya. Seorang pendakwah dengan prinsip ini juga harus menyadari bukan bearti yang menerima dakwah adalah orang-orang yang tidak lebih baik dari dirinya. Justru seorang pendakwah harus mempunyai keyakinan orang lain lebih baik darinya sehingga ia selalu tadabbur dan jauh dari sifat sombong.

3. اتحاد الأمة  (Persatuan umat)

    Dengan prinsip ini seorang pendakwah harus berusaha memberikan keputusan-keputusan di tengah masyarakat yang tidak menimbulkan kegaduhan, kerusuhan, pertengkaran baik sesama umat islam atau dengan umat yang lain. Itulah tugas utama seorang da’i, bagaimana ia mampu menyatukan umat yang majemuk  dengan mencari persamaan bukan melihat perbedaan. Selalu melihat dan membaca kembali siroh-siroh Nabawi, bagaimana Nabi Muhammad SAW ketika berdakwah di Madinah dapat menyatukan penduduk Madinah yang berbeda-beda suku menjadi satu.

Itulah prinsip-prinsip umum yang harus dimiliki seorang da’i dalam berdakwah membimbing umat ke jalan yang benar


Post a Comment for " DAKWAH YANG BAIK DI TENGAH MASYARAKAT"