PERCAYA MITOS? INI MENURUT PANDANGAN ISLAM

Siapa yang tidak mengenal mitos? bagi orang Indonesia rasanya sudah tidak lagi bisa dipisahkan dengan mitos apalagi yang sudah menjadi adat kebiasaan yang turun menurun dari orang-orang tua kita. Dan dipersulit lagi bilamana ternyata mitos tersebut beberapa banyak yang menjadi kenyataan. Bagaimana Islam memandang fenomena mitos di masyarakat?

Mitos?

Sebelum melangkah lebih jauh perlu kita ketahui "Apa itu mitos?". Mitos atau dalam budaya Arab disebut dengan Tatoyyur adalah sebuah kepercayaan masyarakat yang tidak jelas asal-usulnya yang kemudian menjadi umum dan dipercayai oleh sekelompok masyarakat tersebut. Di Indonesia sendiri ada beberapa mitos / kepercayaan yang berkembang di dalam masyarakat. Seperti Burung gagak hitam yang melewati rumah sebagai pertanda bahwasanya akan ada orang yang meninggal di sekitar daerah/ rumah tersebut. Ada lagi  mitos yang mengatakan dilarang menjahit pakaian saat pakaian digunakan di badan. Ada juga mitos dilarang menyapu halaman di malam hari. Dan banyak lagi mitos-mitos di masyarakat yang tidak jelas sumbernya.


Berbeda dengan kepercayaan di masyarakat yang menurut kita itu mitos akan tetapi bila diruntut dalilnya itu ada sumbernya, seperti kepercayaan-kepercayaan yang bersumber dari agama kemudian diimplikasikan menjadi tatanan atau contoh dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, sering saat kita kecil kita dilarang keluar bermain saat maghrib tiba karena menurut orang tua kita ada candiolo (dedemit) keluar. Mungkin dalam angan-angan kita bagaimana orang-orang tua dulu tahu akan hal tersebut?. Padahal jika kita mau belajar literatur agama dikatakan bahwa Nabi pernah memerintahkan sahabatnya bilamana waktu maghrib datang untuk menutup pintu-pintu rumahnya dan menghidupkan damar (semacam penerang). Perintah ini tentu tidak hanya sebatas perintah akan tetapi mengandung hikmah di belakangnya, karena pada waktu malam banyak kejelakan dan kejahatan yang dibuat oleh para Syaiton.

Kemudian bagaimana Islam memandang fenomena mitos?


Mitos yang tidak jelas asal usulnya adalah sebuah kepercayaan yang boleh dipercayai atau tidak asalkan kita tetap berkeyakinan pada dasarnya sebuah mitos yang terjadi atau menjadi kenyataan adalah atas ijin Allah SWT bukan karena mitos itu sendiri. Yang berbahaya adalah jika kita berkeyakinan bahwasanya yang terjadi adalah karena sebuah benda/peristiwa memiliki kekuatan maka bisa mengakibatkan kita menjadi Fasik bahkan jika kita percaya bahwasanya yang terjadi adalah sebab benda/ kejadian tersebut maka kita bisa menjadi kafir. Na'udzubillah Min Dzalik.


Bagaimana menyikapi mitos-mitos yang benar menjadi kenyataan?


Untuk menyikapinya paling aman adalah dengan percaya bahwa semua yang terjadi adalah atas ijin Allah SWT. Dalam hadis Qudsi Allah berfirman, "Aku mengikuti persangkaan hamba-hambaKu kepada-Ku". Maka jika banyak dari kita mempercayai sesuatu hal yang bahkan tidak ada sumber agama yang jelas bisa jadi Allah mengabulkannya karena kepercayaan kita tersebut. Maka hati-hatilah mempercayai mitos apalagi mitos yang jelek. Wallahu A'lam (Redaktur: Muchammad Akrom Afdhol)

Post a Comment for "PERCAYA MITOS? INI MENURUT PANDANGAN ISLAM"