JASAD ABADI FIR'AUN, BUKTI KEBENARAN AL-QUR'AN

Siapa yang tidak mengenal Fir'aun. Nama tersebut sudah tidak asing lagi terdengar. Namanya pun berulang kali disebut dalam kitab suci Al-Qur'an sebagai pengingat bagi umat manusia agar dapat mengambil ibrah dari apa yang telah terjadi di masa lalu. Nama Fir'aun dalam Al-Qur'an acap kali dikaitkan dengan kisah perjalanan hidup Nabi Musa a.s dan Nabi Harun a.s. Kedua Rasul tersebut hidup di masa pemerintahan Fir'aun.

Fir'aun sendiri merupakan sebutan atau gelar bagi raja yang memerintah Mesir kuno saat itu. Menurut Ali Akbar dalam Arkeologi Al-Qur'an (2020) terdapat dua Fir'aun yang memerintah pada zaman hidupnya Nabi Musa a.s yang pertama adalah Ramses II yang memerintah sampai tahun 1212 SM. Ramses II lah yang merawat Nabi Musa a.s dari bayi sampai dewasa. Ramses II juga merupakan suami dari sosok perempuan beriman yaitu Sayyidah Asiyah yang menemukan bayi Musa a.s di sungai Nil. Ramses II meninggal dan kemudian digantikan putranya yang bernama Merneptah. 

Merneptah  inilah yang kemungkinan mengejar Nabi Musa a.s dan Bani Israil sampai melewati laut Merah dan tenggelam di dalamnya beserta bala pasukannya. Fir'aun Merneptah sendiri diabadikan dalam salah satu ayat Al-Qur'an Surat Yunus ayat 92 yang berbunyi:

فَالْيَوْمَ نُنَجِّيكَ بِبَدَنِكَ لِتَكُونَ لِمَنْ خَلْفَكَ آيَةً ۚ وَإِنَّ كَثِيرًا مِنَ النَّاسِ عَنْ آيَاتِنَا لَغَافِلُونَ

"Maka pada hari ini kami selamatkan tubuhmu agar menjadi tanda kekuasaanku untuk umat setelahmu. Dan sesungguhnya kebanyakan manusia benar-benar melupakan tanda-tanda kekuasaan kami"

Al-Qur'an sudah memberikan penjelasan mengenai bukti kisah terbelahnya Laut Merah dan abadinya jasad Fir'aun dengan tujuan agar umat-umat setelah nya dapat mengambil Ibrah dan tidak sombong seperti Fir'aun. Setelah Mesir dijajah oleh Inggris, pencarian arkeologi Mesir Kuno mulai diperhatikan. Dan pada masa inilah banyak peninggalan-peninggalan di Laut Merah ditemukan salah satunya adalah mumi Fir'aun yang diduga kuat adalah Merneptah yang mati tenggelam di Laut Merah saat mengejar Nabi Musa a.s dan Bani Israil. 

Berikut adalah foto-foto yang diperoleh penulis:


Roda Kereta Fir'aun
Gambar Roda Kereta Kuda yang telah tertutup oleh karang


Roda Emas Fir'aun
Gambar Roda emas bekas Kereta Kuda Fir'aun di Laut Merah


Fir'aun Merneptah
Fir'aun yang ditemukan di Laut Merah yang diduga sebagai Fir'aun Merneptah

Fir'aun Ramses II
Fir'aun Ramses II yang merawat Nabi Musa a.s saat kecil

Semoga dengan ini, kita dapat mengambil pelajaran yang berharga agar tidak sombong dan congkak sampai mengaku tuhan pencipta Alam. Wallahu A'lam.

Post a Comment for "JASAD ABADI FIR'AUN, BUKTI KEBENARAN AL-QUR'AN"