DOA KHUSUS PENGHAFAL AL-QUR'AN AGAR TIDAK MUDAH LUPA

    Memiliki hafalan yang sempurna tentu diimpikan oleh para penuntut ilmu terlebih lagi para penghafal Al-Qur’an. Banyak sekali dari para penghafal kitab mulia ini yang mengeluhkan mengapa sering lupa meskipun sudah sering acap kali di muroja’ah qur’annya. Dan itu menjadi kendala yang sudah menjadi rahasia umum. Oleh karena itu disini saya akan memberikan solusi bagaimana agar hafalan apapun, khususnya qur’an mudah tertancap dalam lubuk hati dan tidak mudah hilang.


DOA KHUSUS PENGHAFAL QUR'AN

 

    Pada dasarnya kemampuan hafalan dan mengingatnya orang itu berbeda-beda dan itu murni pemberian dari Allah SWT. Maka pernah Imam Syafi’i mengeluhkan jeleknya hafalan beliau dan bertanya kepada gurunya yang bernama Syaikh Waqi’. Kata Imam Syafi’i dalam syi’irnya, “Aku bertanya kepada Syaikh Waki’ akan jeleknya hafalanku kemudian ia memberikan petunjuk kepadaku untuk meninggalkan maksiat dan Ia memberitahuku bahwasnya ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang bermaksiat”. Maka bisa disimpulkan dari kisah ini kekuatan hafalan adalah sebanding lurus dengan bersihnya hati. Semakin bersih hati seseorang maka semakin kuat hafalannya dan sebaliknya.

 

    Ada sebuah amalan dari guru saya KH.Maftuh Bastul Birri bagaimana agar hafalan tidak mudah lupa yang mana amalan ini dijelaskan dalam kitab Tafsir Ibnu Kasir Juz 4 . Dikisahkan Sayyidina Ali bin Abi Tholib  RA berkata kepada Rasulallah SAW, “Al-Qur’anku kok sering lepas dan mudah lupa, bagaimana wahai Rasulullah? Kemudian beliau Nabi bersabda: “Kuberitahu akan kalimah-kalimah yang dengannya Allah akan memberi manfaat kepadamu dan orang-orang yang kamu beritahu. Salatlah 2 rakaat setiap malam Jumu’ah saat raka’at pertama membaca surat Al-Fatihah dan Surat Yasin, raka’at kedua membaca surat Fatihah dan surat Addukhon, raka’at ketiga membaca Surat Al-Fatihah dan Assajadah, raka’at ke-empat membaca surat Al-Fatihah dan Al-Mulk. Setelah selesai sholat bacalah hamdalah dan solawat dan meminta ampun untuk semua orang mukmin dan berdoa:

 

DOA SAYYIDINA ALI

    Doa tersebut juga dapat diamalkan sebelum membaca/menghafal. Itulah amalan yang bisa dilakukan sebagai salah satu ikhtiar untuk mempertajam hafalan. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "DOA KHUSUS PENGHAFAL AL-QUR'AN AGAR TIDAK MUDAH LUPA"