CARA SUNGKEM KEPADA ORANG TUA SAAT LEBARAN

Idul fitri merupakan salah satu momen sakral bagi umat muslim di dunia tak terkecuali di Indonesia. Idul Fitri sebagai momentum untuk saling bersilaturrahim dan memaafkan setelah menjalani puasa sebulan penuh lamanya. Memang, memaafkan dan bersilaturrahim dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja apalagi dengan kecanggihan teknologi saat ini seakan jarak tidak lagi menjadi penghalang. Akan tetapi kurang afdhol rasanya bagi umat Muslim Indonesia untuk tidak saling bersilaturrahim di hari Raya Idul Fitri karena sudah menjadi sebuah tradisi yang turun menurun.

CARA SUNGKEM KEPADA ORANG TUA SAAT LEBARAN



Di Hari Raya Idul Fitri, setelah umat Muslim di Indonesia melakukan Sholat 'Id biasanya mereka melakukan tradisi sungkeman kepada Orang Tua Kandung dan keluarga inti di rumah sebelum bersilaturrahim ke tetangga dan sanak family. Sebagian dari kita mungkin belum atau kurang mengetahui cara sungkeman yang baik dan benar. Oleh karenanya dalam kesempatan kali ini akan dijelaskan bagaimana tata cara sungkeman yang baik dan benar.

Berikut cara sungkeman kepada orang tua saat lebaran versi akumuslim

  • Usahakan gunakan pakaian yang sopan dan menutup aurat.
  • Kumpulkan seluruh anggota keluarga dalam rumah untuk melakukan sungkeman bersama-sama dan bergantian.
  • Persilahkan orang tua / anggota keluarga yang paling sepuh seperti kakek atau nenek untuk duduk di kursi.
  • Sungkeman dilakukan secara bergiliran dan di mulai dengan anggota keluarga yang lebih tua kepada keluarga ynag paling sepuh yang sedang duduk di kursi dan kemudian diiringi oleh yang lebih muda secara bergantian.
  • Haturkan ucapan sungkeman Idul fitri seperti kata-kata di bawah ini:
          Versi Indonesia
            
        "Saya mengucapkan Selamat hari Raya Idul Fitri minal 'Aidin Wal Faizin mohon maaf lahir dan             batin apabila selama ini saya berbuat salah kepada (Bapak/Ibu/Eyang/.......) baik yang disengaja             maupun tidak disengaja".

          Versi Jawa
        "Kulo ngaturaken sugeng riyadi minal 'Aidin Wal Faizin ngaturaken sedoyo lepat kawulo                         dumateng panjenengan"

  • Setelah itu bersalaman dengan santun dan dicium tangannya dengan lembut dan santun.
Begitulah cara sungkeman versi akumuslim, bagaimana mau mencobanya?

Post a Comment for "CARA SUNGKEM KEPADA ORANG TUA SAAT LEBARAN"