3 NEGARA DENGAN PUASA PALING PANJANG

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah yang didalamnya semua umat muslim di dunia wajib melakukan puasa. Kewajiban puasa harus dilaksanakan tanpa melihat dimana muslim berada. Entah itu di kutub utara ataupun di kutub selatan. Bentuk bumi yang bulat dengan garis astronomi dan deklinasi matahari yang berbeda juga tentu menyebabkan perbedaan durasi lama melakukan ibadah ini. Ada sebagian wilayah yang melakukan ibadah puasa dengan durasi yang sangat lama dan ada sebagian wilayah yang melakukan ibadah puasa lebih cepat. Sedangkan kita mayoritas umat muslim Indonesia yang berada di sekitar wilayah khatulistiwa sudah terbiasa melakukan ibadah puasa dengan durasi panjang sekitar 13 jam sehari.

Berikut negara-negara dengan durasi puasa paling panjang 


1.  Greenland
         
Greenland

Greenland adalah pulau terbesar di dunia dengan penduduk sekitar 57 ribu jiwa yang menjadi wilayah otonom kerajaan Denmark. Greenland terletak di samudra Arktik dan Atlantik yang dekat dengan kutub utara dengan suhu terdingin dapat mencapai -18 derajat. Durasi panjang melakukan ibadah puasa di negara ini adalah sekitar 19 Jam 57 menit dalam sehari.

2. Islandia 
            
Islandia

Islandia adalah sebuah negara yang terletak di utara samudra Atlantik dengan total penduduk sekitar 332 ribu. Suhu rata-rata di Islandia adalah 0 derajat celcius. Negara dengan salah satu tingkat keamanan teraman di dunia ini melakukan ibadah puasa dengan durasi waktu sekitar 19 Jam 56 menit.

3. Finlandia
Finlandia

Finlandia adalah sebuah negara yang terletak di Eropa bagian utara. Negara dengan populasi sekitar 5 juta jiwa ini juga termasuk di dalam salah satu negara dengan tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia. Umat muslim yang berada di negara ini melakukan puasa sekitar 19 Jam 09 menit.

Dalam Fikh Islam madzhab Syafi'i diperbolehkan bagi negara-negara dengan waktu malam yang singkat  melakukan puasa dengan memakai waktu negara Islam yang terdekat.

Itulah negara-negara dengan puasa paling panjang di dunia. Bagaimana kuatkah anda melakukan puasa di negara tersebut?

Post a Comment for "3 NEGARA DENGAN PUASA PALING PANJANG "