APA YANG HARUS DIRUBAH DITAHUN 2021?

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

APA YANG HARUS DIRUBAH DITAHUN 2021?

Alhamdulillah kini kita sudah memasuki tahun baru 2021 M yang
  harus menjadi momentum bagi setiap insan untuk menjadi lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya dalam segala hal. Dengan bertambahnya tahun, itu bearti juga pertanda berkurangnya kesempatan kita di dunia untuk berbuat baik sebagai bekal di akhirat nanti. Sungguh menyesal bagi setiap manusia yang menyia-nyiakan waktu yang telah diberikan oleh Sang Pencipta, karena sejatinya waktu tidak bisa bergerak mundur sebagaimana  jam yang tidak bisa bergerak terbalik melawah arah jarum jam. Dan juga manusia diberikan waktu yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya di dunia ini. Maka beruntunglah orang-orang yang dapat senantiasa mengisi waktunya dengan amal saleh dan kebajikan. Dan sudahkah kita berlomba-lomba untuk itu?

 

Oleh karenanya, awal tahun 2021 M adalah momentum untuk merubah dari yang semula mengalami kegagalan, kemalasan, ketidak istiqomahan dan sederet sifat buruk lainnya menjadi sebuah pribadi yang memiliki ketaatan, kedisiplinan, dan keberhasilan yang harus dicapai dengan ikhtiar yang sungguh-sungguh dengan diiringi doa. Selain itu juga diperlukan resolusi untuk mencapai apa yang akan dilakukan dan ditargetkan dalam tahun ini dan kedepannya. Dengan resolusi yang paling tidak dicatat dan ditulis dalam sebuah lembaran kertas, paling tidak sebagai pengingat dan pepeling ketika timbul hal-hal yang dapat menganggu keberhasilan dan target yang akan ditempuh. Memang membuat target yang hanya ditulis dalam kertas tidaklah cukup agar apa yang kita inginkan akan tercapai, karenanya harus ada ikhtiar dhohir dan ikhtiar batin untuk mewujudkannya. Ingat! Sang Pencipta alam semesta tidak akan merubah keadaan seseorang kecuali orang tersebut yang berusaha merubahnya. Kalau semua ikhtiar sudah dilakukan maka tinggal kita bertawakkal kepada Allah sebaik-baik Dzat yang menentukan takdir hambanya sehingga kita menjadi manusia yang selalu bersyukur.

 

Resolusi apa yang harus kita raih dalam tahun ini?

Sebagai manusia yang tidak terlepas hubungannya secara horizontal dan vertikal maka dengannya kita harus membuat resolusi yang mencakup keduanya. Vertikal memiliki arti hubungan manusia dengan Sang Penciptanya yang artinya seluruh kewajiban-kewajiban dan ajaran agama yang harus dilakukan oleh manusia kepada Allah Dzat yang wajib disembah. Sudahkah kita melakukan perintahnya? Dan sudahkah kita menjauhi larangannya? Dan sudahkah kita benar-benar menyembah-Nya? Itulah yang menjadi PR bagi setiap insan yang hanya menjadi hamba dari Allah SWT.

 

Secara horizontal bearti hubungan yang dilakukan oleh manusia dengan makhluk lainnya. sudahkan kita berbuat baik kepada yang lain? Sudahkan kita melaksanakan apa yang diperintahkan agama kepada yang lain? Dan sudahkah kita bermanfaat bagi yang lain? Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat untuk manusia lainnya?. Marilah kita ditahun baru ini saling intropeksi diri kita sendiri seakan-akan kita  melihat sebuah bayangan kita dicermin. Apa yang salah? Apa yang perlu diperbaiki? Apa yang perlu ditingkatkan? Itu semualah yang menjadi catatan-catatan dalam resolusi yang akan kita buat. Semoga bermanfaat, selamat berlomba-lomba dalam melaksanakan kebaikan.

 

Wassalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "APA YANG HARUS DIRUBAH DITAHUN 2021?"

Berlangganan via Email