PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR'AN TERBAIK DI INDONESIA


Sebelum membaca tulisan ini sebaiknya baca juga CARA MUDAH MENGHAFAL AL-QUR'AN karena tulisan ini merupakan penjelasan lebih lanjut mengenai tips menghafal Al-Qur’an. Seperti yang dijelaskan dalam tulisan sebelumnya, tahap pertama yang harus dilakukan oleh calon penghafal AL-Qur’an adalah mencari guru dan Pondok Pesantren Tahfidz yang tepat.

tahfidz
sumber: amanat.id

Mengapa harus berguru dan mencari Pondok Pesantren Tahfidz yang teruji dan tepat?

Jawabannya adalah karena belajar dan menghafal Al-Qur’an tidak sama dengan belajar ilmu yang lain. Belajar Al-Qur’an wajib berguru kepada guru yang ahli yang memiliki sanad yang jelas sampai Rasulluah SAW dan dilakukan dengan musyafahah / talaqqi (face to face) sehingga tahu letak kesalahan dan tidak tepatnya bacaan. Dengan cara yang seperti inilah bacaan Al-Qur’an tetap terjaga dari zaman Nabi sampai hari kiamat. Meskipun seorang murid memiliki  kecerdasan yang luar biasa tetapi tidak mau mencari guru maka ia menyalahi salafus salih dalam belajar AL-Qur’an. Oleh karenanya penting bagi kalian yang ingin dan akan menghafal Al-Qur’an untuk mecari Pondok Pesantren yang memiliki guru/kyai yang ahli dan jelas sanadnya.

3 Pondok pesantren Tahfidz yang terbaik yang ada di Indonesia  versi akumuslim adalah sebagai berikut:

1.     Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak
munawwir krapyak
 sumber: lembar-nanabilala.blogspot.com



Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. Munawwir bin Abdullah Rosyad pada tahun 1910 M yang ada di dusun Krapyak berbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kota Madya Yogyakarta. KH. Munawwir disebut sebagai Guru Al-Qur’an Indonesia kerena lewat beliaulah ulama’- ulama’ Al-Qur’an bermunculan seperti Hadratus Syaikh KH. M. Arwai Kudus,  KH. Umar Cirebon, KH. Zuhdi Nganjuk dan sedereten ulama’ Qur’an lainnya.  Pondok Pesantren ini juga memiliki keunggulan dengan sudah berpengalamannya seabad lebih dalam mencetak generasi Al-Qur’an di Indonesia yang tentunya terdapat banyak keberkahan didalamnya. Bagi kalian yang ingin menghafal AL-Qur’an juga dengan sekolah atau kuliah Pondok Pesantren ini cukup tepat menjadi pilihan karena berada tidak jauh dari pusat kota. Tapi bagi yang ingin fokus menghafal Al-Qur’an pondok ini menjadi pilihan yang cukup baik bagi kalian dengan metode-metode yang ada didalamnya. Pondok Pesantren Al-Munawwir saat ini diasuh oleh cucu dari KH. Munawwir yaitu KHR. Najib Abdul Qodir.

    2.     Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an.
yanbu'ul qur'an kudus
sumber: nahdlatululama.id

Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. M. Arwani Kudus salah satu dari murid  KH. Munawwir Krapyak. Pondok Pesantren ini dalam perkembangannya sudah menelurkan hafidz dan hafidhoh yang handal dalam bidang AL-Qur’an di Indonesia. Sistem kepesantrenan yang membagi antara usia anak-anak, remaja, dan dewasa menjadi nilai plus yang menyesuaikan pembelajaran diusianya . Pondok Pesantren ini terletak di pusat Kota Kudus Jawa Tengah sekitar 500 meter kearah utara dari Makam Sunan Kudus. Di Pondok Pesantren ini juga memperbolehkan untuk sekolah formal di Madrasah TBS untuk santri putra dan madrasah Banat untuk santri putri. Pondok Pesantren Yanbu’ul Qur’an sekarang diasuh oleh KH.M.Ulin Nuha Arwani dan KH.M.Ulil Albab Arwani.

    3.     Pondok Pesantren Murottilil Qur’an Lirboyo.
murottilil qur'an lirboyo
                                                                       sumber: lirboyo.net

Di Pondok Pesantren ini kalian tidak hanya menghafal Al-Qur’an saja akan tetapi juga akan mendapatkan banyak ilmu tentang masalah tajwid, rosm dan ilmu AL-Qur’an lainnya. Pondok Pesantren ini didirikan oleh KH. Maftuh Bastul Birri dan terletak di area Pondok Pesantren Lirboyo. Santri yang belajar didalamnya selain menghafal juga wajib untuk sekolah diniyyah di Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo. Ciri khas yang membedakan Pondok pesantren ini dengan Pesantren tahfidz lainnya adalah sistem kenaikan menggunakan marhalah dan pembacaan menggunakan tartil. Selain itu wajib memakai mushaf Rosm Usmani. Pesantren ini sudah mempunyai cabang dibeberapa tempat dengan sistem yang sama oleh santri-santri KH. Maftuh Bastul Birri. Untuk bisa diterima, kalian harus mempersiapkan hafalan Al-Qur’an minimal 3 juz.

Demikian ulasan kami mengenai Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur’an terbaik di Indonesia. Rekomendasi yang kami buat bukan bearti menafikan Pondok Pesantren Tahfidz lainnya akan tetapi ini kami buat bagi kalian yang bingung menentukan pilihan dimana harus belajar dan menghafal Al-Qur’an. Bilamana ada pertanyaan silahkan sampaikan di kolom komentar. Wallahu A’lam. Setelah kalian baca tulisan ini jangan lupa baca CARA MEMINTA DOA RESTU DALAM BELAJAR KEPADA KYAI.

Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR'AN TERBAIK DI INDONESIA"

Berlangganan via Email