NASEHAT BIJAK SAYYIDINA ABU BAKAR AS-SHIDDIQ


Sayyidina Abu Bakar Ra merupakan salah seorang yang pertama kali masuk agama Islam dan merupakan Kholifah pertama sepeninggal Nabi Muhammad SAW. Beliau bernama lengkap Abdullah bin Abi Quhafah Usman bin ‘Amir bin ‘Amr bin Taim bin Marroh bin Ka’ab bin Lu’ay bin Gholib yang berasal dari suku Quraisy. Nasab beliau bertemu dengan Rasulluah di Marroh bin Ka’ab.

abu bakar
Sumber: sahabatkuweb.wordpress.com

Cerita hidup sahabat Abu Bakar banyak sekali sampai tidak dapat terhitung dengan jari jumlahnya. Dengan banyak bertemu dan berkumpul dengan Rasulluah SAW, Abu Bakar Ra menjadi salah satu sahabat yang banyak menyerap ilmu dan hikmah dari Nabi. Banyak kalam-kalam dan nasehatnya yang bisa diserap dan diamalkan oleh kaum muslim dan muslimah sekarang ini.

Berikut ini kami jabarkan sedikit dari nasehat-nasehat Sayyidina Abu Bakar Ra yang cukup mashur:


Ø Paling cerdasnya orang yang cerdas adalah orang yang bertakwa dan paling bodohnya orang yang bodoh adalah orang yang banyak melakukan dosa.

Ø Paling benarnya sesuatu yang benar adalah amanah dan paling bohongnya sesuatu yang bohong adalah khiyanah (tidak dapat dipercaya).

Ø Seorang hamba manakala ia sombong dari dunia yang ia miliki maka Allah murka kepadanya sampai ia meninggalkan dunia yang ia miliki.

Ø Malulah kepada Allah SWT, sesungguhnya aku menutupi kepalaku ketika aku pergi ke jamban di padang rumput karena aku malu kepada tuhanku.

Ø Seandainya aku menjadi pohon yang tumbuh dahan-dahanya kemudian dipetik dan dimakan.

Ø Sungguh aku mengurusi urusan kalian semua, dan aku bukanlah orang yang terakhir dari kalian semua maka jika kalian melihatku  berbuat lurus maka ikutilah dan jika kalian melihatku  menyimpang maka luruskanlah aku.

Ø Sungguh urusan ini tidak akan baik akhirnya kecuali baik pada permulaannya.

Itulah sebagian dari banyaknya mutiara-mutiara, ilmu dan nasehat dari Sayyidina Abu Bakar Ra. Beliau meninggal di antara Maghrib dan Isya’ 12 Jumadil Akhir Tahun 13 Hijriyyah pada usia 63 tahun. Semoga kita mendapat mengamalkan apa-apa yang beliau sudah ajarkan dan tinggalkan bagi umat Islam. Wallahu A’lam.



Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "NASEHAT BIJAK SAYYIDINA ABU BAKAR AS-SHIDDIQ"

Berlangganan via Email