MENEBAK DAN MENGENALI TANDA-TANDA MALAM LAILATUL QADAR


Menebak kapan turunnya Lailatul Qadar tidak semudah menebak teka-teki silang. Karena pada dasarnya hanya Allah SWT saja yang mengetahui kapan waktu turunnya malam seribu bulan ini. Meskipun begitu lewat Ulama’ Salaf kita dapat mengetahui tanda-tanda dan kapan turunnya malam Lailatul Qadar. Tapi sebelumnya alangkah baiknya baca juga ASAL-USUL MALAM LAILATUL QADAR.

malam lailatul qadar
sumber gambar: kaltim.tribunnews.com

TANDA-TANDA DATANGNYA MALAM LAILATUL QADAR

    1.     Turunnya malaikat yang tidak terhitung jumlahnya.
Di malam Lailatul Qadar, para malaikat yang tidak dapat dihitung dengan angka dipimpin oleh Malaikat Jibril turun di muka bumi untuk memberikan rahmat dan maghfiroh dari Allah SWT.

    2.     Tidak kepanasan dan tidak kedinginan.
Salah satu ciri yang dapat dirasakan dengan indera manusia di hari turunnya malam Lailatul Qadar adalah cuaca pada hari dan malam tersebut tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

   3.  Matahari terbit saat pagi hari dengan bewarna kemerah-merahan dan tidak menyorotkan sinarnya di bumi sesuai hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas Ra.

    4. Cahaya bulan sangat terang. Tanda ini tidak dapat dirasakan kecuali oleh orang-orang yang hidup yang jauh dari pencahayaan.


   5. Ketenangan hati. Ini dirasakan oleh orang-orang yang beriman di malam Lailatul Qadar.

   6. Hembusan angin yang tidak kencang pada malam dan pagi harinya.

  7. Merasakan nikmat dalam beribadah yang berbeda dengan hari selain Lailatul Qadar.

Tanda-tanda tersebut adalah tanda-tanda yang bersumber dari Rasulluah SAW melalui sabda-sabdanya. Ada beberapa lagi tanda-tanda lainnya yang berasal dari pengamatan dan kisah-kisah orang-orang yang menemukan Lailatul Qadar, diantaranya adalah:

v Air laut terasa tawar.
v Tidak ada gonggongan anjing.
v Keledai dan kuda tidak meringkik.
v Pohon-pohon kokoh tidak roboh.

Selain tanda-tanda kapan turunnya Lailatul Qadar, Rasulluah SAW juga sudah mengisyaratkan kapan waktu turunnya malam Lailatul Qadar dalam hadits.

Kapan waktu turunnya malam Lailatul Qadar?

Di antara pendapat yang shohih dan sesuai dengan hadits Rasulluah SAW adalah malam lailatul  Qadar turun saat bulan Ramadhan, tepatnya di sepuluh akhir malam yang harinya ganjil dari bulan Ramadhan. Dan ada beberapa pendapat dari ulama’ ahli kasyaf dan para Auliya yang mengatakan datangnya malam Lailatul Qadar adalah sesuai dengan hari awal datangnya bulan Ramadhan dengan perincian sebagai berikut:

Tanggal 1 Ramadhan
Malam Lailatul Qadar
Ahad
29
Senin
21
Selasa
27
Rabu
29
Kamis
25
Jumu’ah
27
Sabtu
23

Bila mana awal Ramadhan jatuh pada hari Ahad maka Malam Lailatul Qadar jatuh pada malam ke-29 dari bulan Ramadhan dan seterusnya.

Itu semua hanya sebagian dari pendapat Para ulama’ salaf yang sejatinya hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Akan tetapi dengan tanda-tanda dan pendapat tersebut, umat Islam dapat mengetahui kapan waktu turunnya malam Lailatul Qadar agar lebih giat dan semangat dalam beribadah kepada Allah SWT. Dan tentunya hikmah mengapa Allah merahasiakan kapan malam Lailatul Qadar adalah agar manusia tetap beribadah di setiap waktu tidak terkhusus hanya di malam Lailatul Qadar. Wallahu A’lam.

Refrensi: Kitab Lailatul Qadar Fadhluha Wa ‘Alamatiha Wa Ma Yustahabbu Fi’luhu Fiha.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "MENEBAK DAN MENGENALI TANDA-TANDA MALAM LAILATUL QADAR"

Berlangganan via Email