KISAH TAUBATNYA IBROHIM BIN ADHAM


Syekh Ibrohim bin Adham merupakan salah satu ulama’ Islam yang sudah tidak asing didengar. Beliau salah satu tokoh dalam ilmu tasawuf yang banyak dipelajari dan diamalkan kalam-kalamnya. Memang hidayah Allah SWT datang kepada siapa saja yang Ia kehendaki.  Tidak selamanya orang yang buruk akan terus menjadi buruk akan tetapi Allah adalah Dzat yang dapat membolak-balikkan hati manusia dengan cepat.

kisah islam
Sumber gambar: pwmu.co

Begitu juga kisah pertaubatan yang dilakukan oleh Syekh Ibrohim bin Adham. Dikisahkan bahwasanya Ibrohim bin Adham adalah seorang penguasa yang kaya raya. Suatu hari ditengah ia berburu hewan di hutan, ia istirahat sejenak untuk makan. Ditengah-tengah makan, Ibrohim mendapati seekor burung yang mendekatinya dan mengambil makanannya dengan paruhnya kemudian burung itu terbang ke langit.

Ibrohim yang takjub keherananpun penasaran dengan si burung tersebut. Tak lama, Ibrohim langsung mengejar burung tersebut dengan kudanya dengan sangat cepat. Siburung yang terbang terus terbang semakin tinggi ke atas gunung sampai hilang di penglihatan Ibrohim. Akan tetapi asa Ibrohim untuk mencari burung tersebut belum sirna. Ia terus mendaki gunung dan mencari keberadaan si burung. Sesampainya ia diatas gunung ia menemukan si burung yang sudah mencuri makanannya.

Tatkala Ibrohim mendekati burung tersebut, siburung dengan cepat terbang menghilang dari hadapannya. Tak jauh dari tempat burung tersebut Ibrohim menemukan seorang lelaki yang terikat kedua tangannya. Ibrohim yang melihatnya segera turun dari kudanya dan menghampiri lelaki tersebut dan melepaskan ikatannya. Setelah semua ikat dilepaskan, Ibrohim pun menanyakan tentang ihwal dan kisah lelaki tersebut mengapa bisa ada di puncak gunung dan terikat kedua tangannya.

Lelaki tersebut yang telah ditolong oleh Ibrohim kemudian menceritakan bahwasanya ia adalah seorang pedagang yang dijegal oleh bandit-bandit jalan. Semua hartanya dirampas dan ia dibuang dan diikat di tempat tersebut semenjak tujuh hari yang lalu. Dan setiap harinya, ada  seekor gagak yang selalu mendatanginya dengan membawa makanan dan memberikannya kepadanya. Dan Allah tidak meninggalkannya mati kelaparan semenjak tujuh hari tersebut.

Setelah mendengar kisah dari lelaki tersebut, Ibrohim kemudian membocengkannyanya dikudanya dan mengantarkannya pulang. Semenjak kejadian itu, Ibrohim bertaubat kepada Allah SWT dan melepaskan  harta dan kekuasaannya.  Dan Syekh Ibrohim pergi menunaikan haji ke Mekkah tanpa membawa harta dan tunggangan berbekal hanya bertawakal kepada Allah SWT. Semoga dari pelajaran ini, Allah senantiasa  membuka hati  kita semua dan menuntun kita di jalannya.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "KISAH TAUBATNYA IBROHIM BIN ADHAM"

Berlangganan via Email