CARA MUDAH MENGHAFAL AL-QUR’AN


Al-Qur’an merupakan kitab suci milik umat islam dan sebagai mukjizat yang terbesar sepanjang  perjalanan umat didunia mulai Nabi Adam as. Sampai Rasulluah SAW. Al-Qur’an sudah tidak lagi diragukan keutamaannya dan kejaminan orisinilnya sampai hari kiamat. Ini sesuai dengan firman Allah dalam surat Al-Hijr, “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan Kamilah yang menjaganya”.

Bentuk penjagaan Al-Qur’an ini adalah melalui lisan dan hafalan umat muslim dari kurun ke kurun berikutnya yang tidak pernah habis. Berbeda dengan kitab-kitab sebelum Al-Qur’an yang tidak terjamin keasliannya disebabkan dirubah oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan sulitnya untuk dihafal, Al-Qur’an memiliki keistimewaan untuk mudah dihafal dan ditancapkan dalam setiap hati umat muslim.
cara mudah menghafal alqur'an

Kemudian bagaimana cara agar mudah dalam menghafalkan Al-Qur’an?. Akumuslim akan memberikan beberapa tips-tips yang dapat mempermudah dalam proses menghafal Al-Qur’an. Tapi sebelumnya perlu dijelaskan pada dasarnya orang yang ditakdirkan oleh Allah untuk menjadi penghafal Al-Qur’an adalah hamba-hamba yang terpilih untuk menjaga keagungan dan kemurnian kitab suci Al-Qur’an dan seharusnya memiliki dan mencerminkan akhlak seorang penghafal Al-Qur’an yang Insyaallah akan kami bahas di artikel lainnya di kesempatan yang lain. Oleh karenanya tips dan cara yang kami bagikan hanya menjadi bentuk usaha dhohir yang semoga dengan melakukan usaha-usaha tersebut Allah memberikan jalan yang mudah bagi hamba-hambanya untuk menghafal Al-Qur’an.

Tahap Persiapan Menghafal Al-Qur’an

Dalam tahap ini anda calon-calon penghafal Al-Qur’an harus melakukan beberapa hal untuk  menjadi penghafal Al-Qur’an, diantaranya adalah 

       1 .  Memilih Pondok Pesantren Tahfidz yang Teruji
Artinya adalah, hal pertama kali yang harus dilakukan adalah dimanakah nantinya anda akan belajar dan menghafal?. Saya sarankan untuk mencari Pondok Pesantren Tahfidz yang terbaik yang sesuai dengan klasifikasi dan kemampuan anda. Karena di Pondok Pesantren Tahfidz inilah anda akan menemukan guru/kyai yang memiliki sanad Al-Qur’an yang jelas sampai Rasulluah SAW.

       2.     Meminta doa restu kepada orang tua dan kyai/guru sebelum berangkat.
Dalam semua proses pembelajaran doa dan ridho orang tua dan guru akan membantu dalam mempermudah mencari ilmu tak terkecuali menghafal Al-Qur’an. Mintalah izin dan doa sebelum berangkat dan setiap waktu agar menjadi penambah kekuatan batiniyyah kalian dalam menghafal Al-Qur’an.

Tahap Menghafal Al-Qur’an

Inilah tahap yang sebenarnya yang harus kalian lalui mau atau tidak mau dalam menjadi Penghafal Al-Qur’an yang sukses.

     1. Selalu niat dan berdoa sebelum dan sesudah menghafal Al-Qur’an. Karena dengan ini akan menambah kekuatan batin kalian yang meskipun tidak terlihat dengan mata akan tetapi akan terasa manisnya kelak di kemudian hari. Maka jangan sampai hanya membuka Al-Qur’an dan menghafalnya tanpa memanjatkan niat dan berdoa. Semakin banyak niat dan doa yang kalian panjatkan maka juga akan semakin banyak pahala dan keberhasilan yang akan kalian capai.

      2.     Pandai mengatur waktu.
Seorang yang sedang menghafal Al-Qur’an harus pandai dan cerdas mengatur dan memanfaatkan waktu. Apalagi bagi penghafal Al-Qur’an yang juga sedang menuntut ilmu disekolah atau kegiatan-kegiatan lainnya. Kalian harus membagi kapan waktu-waktu untuk menghafal, kapan waktu untuk melancarkan hafalan baru, kapan waktu untuk menjaga hafalan lama, kapan untuk melakukan aktifitas lain. Jadwallah! Jadilah penghafal Al-Qur’an yang disiplin dan pandai mengatur waktu, saya yakin kalian akan jadi penghafal Al-Qur’an yang berhasil Insyaallah.

      3.    Perbanyak mentadarrus hafalan.
Banyak-banyaklah mentadarus hafalan baik dengan membacanya atau menghafalnya, baik dengan sendiri atau disimakkan dan disetorkan kepada guru atau temannya. Ini menjadi hal yang penting bagi para penghafal Al-Qur’an. Sejatinya semua metode sama, tinggal bagaimana kalian mau melakukan dengan sungguh-sungguh.

      4.    Istiqomah
Banyak para penghafal Al-Qur’an yang tidak istiqomah atau terus menerus dalam menjaga dan melakukan aktiifitas menghafalnya. Inilah sesungguhnya penyebab teknis mengapa lama sekali dalam menghafal, mengapa sering lupa dalam menghafal. Kalau kalian mau istiqomah, Insyaallah hafalan akan  lebih melekat dalam hati dan tidak mudah hilang. contoh nyatanya adalah mengapa orang-orang muslim tidak melupakan bacaan Al-Fatihah?. Jawabannya jelas, kalau dia muslim yang rajin untuk sholat 5 waktu maka ia tidak akan melupakan Al-Fatihah karena ia akan selalu membacanya dalam sholat.

      5.    Berakhlak Al-Qur’an.
Penghafal Al-Qur’an bearti otomatis juga dituntut untuk mempunyai akhlak Al-Qur’an dalam setiap tindaknnya. Ini juga merupakan bentuk menghormati Al-Qur’an. Dengan sebaik-baik penghormatan tentu akan memberikan efek dalam mempermudah Al-Qur’an yang kalian hafal.

Janganlah putus asa dan ingin cepat dalam menyelesaikan hafalan. Yang terpenting adalah bagaimana kalian menerapkan tips-tips yang sudah kami bagikan diatas. Tidak muluk-muluk dan banyak-banyak. Jika dilakukan dengan baik dan benar Insyaallah Allah akan mempermudah dan menuntun ke jalan yang benar. Cara-cara diatas hanya secara singkat saja untuk lebih jelasnya Insyaallah kami tulis di artikel-artikel selanjutnya. Kalau ada pertanyaan silahkan disampaikan dalam komentar. Wallahu A’lam. Baca juga Pondok Pesantren tahfidz Al-Qur'an Terbaik di Indonesia.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "CARA MUDAH MENGHAFAL AL-QUR’AN"

Berlangganan via Email