CARA MEMINTA DOA RESTU DALAM BELAJAR KEPADA KYAI


Dalam pembahasan kali ini, akumuslim.web.id akan menjelaskan tentang bagaimana cara meminta doa restu kepada orang tua dan kyai dalam belajar khususnya menghafal Al-Qur’an. Tapi sebelumnya baca juga tulisan yang berjudul PONDOK PESANTREN TAHFIDZ AL-QUR’AN TERBAIK DI INDONESIA karena penjelasan kali ini masih bersambung dengan penjelasan sebelumnya. Pada dasarnya tidak hanya menghafal Al-Qur’an saja untuk meminta restu dan barokah akan tetapi dalam semua hal terlebih dalam menuntut ilmu agama.
doa kyai

Sumber gambar: alif.id

Mengapa ini penting?

Ø Karena ridho Allah terletak di ridho kedua orang tua dan murka Allah juga terletak di murka kedua orang tua.
Ø Karena Kyai/Guru merupakan salah satu dari orang tua yang membesarkan jiwa/ruh kita sedangkan orang tua yang melahirkan kita adalah orang yang membesarkan tubuh kita.

Dua alasan diatas paling tidak sudah cukup mengapa kita perlu meminta izin dan restu dalam belajar terlebih dalam menghafal Al-Qur’an. Dengan berkat izin dan restu mereka, kita berharap Allah memudahkan jalan kita dalam belajar dan menghafal. Ulama’- ulama’ salaf pada zaman dahulu dalam hal belajar agama tidaklah serta merta menuruti kehendak diri sendiri. Akan tetapi beliau semua selalu mendengarkan dan menta’ati apa yang diucapkan dan diperintahkan oleh guru-gurunya dalam hal bidang belajar dan fan ilmu yang akan dikuasai.

Itulah mengapa ketika kita lihat banyak ulama’ terdahulu yang sangat ‘alim dalam bidangnya masing-masing dan keberkahan ilmunya lewat karya-karyanya sampai sekarang ini. Sebut saja Imam Syafi’i, Imam Ahmad, Imam Maliki, Imam Hanafi, Imam ghozali, Imam Nawawi, Imam Rofi’I, Imam Suyuthi, Imam Sya’roni dan ribuan nama lainnya yang tidak asing lagi kita mendengarnya. Itu semua dapat diraih dengan tidak terlepas dengan doa dan restu guru-gurunya. Oleh karenanya sangat penting meminta restu dalam hal ini untuk murid-murid yang akan belajar dan menuntut ilmu.

Bagaimana meminta restu kepada orang tua dan guru yang baik dan benar?


    1.     Memakai akhlak yang baik dan terpuji.
Gunakanlah adab yang baik meliputi perilaku, perkataan, tata karma yang ada dalam masyarakat.

    2.     Utarakan maksud dan tujuan.
Sampaikan dan jelaskan maksud dan tujuan kalian dengan singkat dan gamblang, jangan bertele-tele dan berkatalah dengan lugas dan sopan.

    3.     Mintalah pertimbangan dan pendapat.
Setelah kalian sampaikan maksud dan tujuan mintalah pertimbangan terhadap niat dan fan ilmu yang akan dipelajari. Terimalah pendapat dari orang tua atau guru kalian dengan baik dan jangan menolaknya dengan perkataan yang menyakitkan dengan kukuh terhadap apa yang kalian inginkan menurut pemikiran kalian. Ingatlah sesuatu yang baik menurut kalian belum tentu itu baik di sisi Allah maka hendaknya meminta pendapat kepada orang-orang yang diridhoi Allah.

    4.     Selalu minta doa.
Mintalah doa dari orang tua dan guru agar dimudahkan niat belajar dan menghafal kalian oleh Allah SWT.

Begitulah pembahasan singkat mengenai cara meminta doa kepada orang tua dan guru  agar mendapatkan keberkahan ilmu di dunia dan di akhirat. Wallahu A’lam.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "CARA MEMINTA DOA RESTU DALAM BELAJAR KEPADA KYAI"

Berlangganan via Email