BERBURU PAHALA MALAM NUZULUL QUR’AN


Bulan Ramadhan menjadi bulan yang spesial bagi umat muslim seluruh dunia. Tidak hanya dikarenakan diwajibkan untuk melakukan puasa akan tetapi di bulan ini Allah memberikan dua hal yang istimewa. Di bulan Ramadhan Allah menurunkan Lailatul Qadar dan dibulan ini Allah juga menurunkan Al-Qur’an atau yang lebih dikenal dengan Malam Nuzulul Qur’an.

nuzulul qur'an

Sumber: voa-islam.com

Apa itu Nuzulul Qur’an?

Malam nuzulul qur’an adalah peringatan malam dimana Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Ruhul Qudus (Malaikat Jibril) dari Lauhil Mahfudz ke langit dunia yang nantinya akan diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap. Penurunan Al-Qur’an yang dilakukan oleh Malaikat Jibril ini dilakukan secara langsung tidak berangsur-angsur.

Kapan terjadinya Malam Nuzulul Qur’an?

Dalam hal ini terjadi perbedaan pendapat  diantara para Ulama’. Sebagian dari ulama’ ada yang berpendapat bahwasanya malam nuzulul qur’an adalah malam ke-tujuh belas dari Bulan Ramadhan sesuai dari hadits yang diriwayatkan oleh Zaid Bin Arqom dan Ibnu Mas’ud. Ada juga  yang berpendapat bahwasnya Malam Nuzulul Qur’an itu jatuh pada malam ke-19, ke-21, dan ke-23. Tapi sesuai adat yang ada di Indonesia yang berkiblat pada Madzhab Syafi’i, pada umumnya Malam Nuzulul Qur’an diperingati pada malam ke-17 di Bulan Ramadhan. Wallahu A’lam.

Hukum memperingati malam Nuzulul Qur’an?

Tidak semua hal yang tidak dilakukan pada zaman nabi disebut sebagai perbuatan bid’ah. Bid’ah itu sendiri adalah melakukan hal-hal yang baru yang tidak dilakukan pada zaman Rasulluah. Selagi itu baik maka bid’ah itupun diperbolehkan dan mendapatkan pahala. Memperingati malam Nuzulul Qur’an dengan mengisinya dengan ibadah-ibadah tentu lebih mulia dan agung di sisi Allah dari pada hanya meninggalkan malam tersebut tanpa melakukan taqorrub kepada Allah. Diriwayatkan juga ketika seseorang bertanya kepada Zaid bin Arqom, “Kenapa engkau menghidupkan malam ke-17 Bulan Ramadhan dengan memperbanyak ibadah?”. Beliau menjawab, “Karena Al-Qur’an yang mulia diturunkan pada malam tersebut”.

Amalan apa yang perlu dilakukan di Malam Nuzulul Qur’an?

Tidak ada amalan yang khusus untuk dilakukan akan tetapi untuk menghormati dan memperingatinya dapat dilakukan dengan menghiasi malam dan hari tersebut dengan memperbanyak ibadah dan membaca Al-Qur’an. Seyogjanya juga bertafakur bahwasnya Al-Qur’an merupakan mukzijat yang paling agung dan tidak ada yang dapat menandinginya. Dengan cara-cara tersebut Insyaallah kita termasuk hamba-hamba yang dapat memuliakan Al-Qur’an yang tidak sebatas hanya menjadi buku tumpukan dan pajangan di rumah. Baca juga MENEBAK DAN MENGENALI TANDA-TANDA MALAM LAILATUL QADAR.

Refrensi: Kitab Fadhoil Wa ‘Alamati Lailatil Qodar


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "BERBURU PAHALA MALAM NUZULUL QUR’AN"

Berlangganan via Email