6 MANFAAT SEDEKAH BAGI UMAT MUSLIM


Allah SWT senantiasa menyuruh hamba-hambanya untuk berbuat kebajikan diantaranya adalah lewat bersedekah. Sedekah tidak hanya diartikan  melalui  uang akan tetapi sedekah dapat juga melalui pakaian, makanan atau segala sesuatu yang dapat bermanfaat untuk orang lain terutama yang sedang membutuhkan. Dalam surat Al-Baqoroh ayat 247 Allah berfirman tentang keutamaan bersedekah karena dengannya Allah menumbuhkan berlipat-lipat pahala sesuatu yang disedekahkan.

sedekah, manfaat sedekah, manfaat bersedekah, keutamaan bersedekah
Sumber gambar: islam.nu.or.id
Sedekah dapat dilakukan setiap waktu tidak mengenal siang atau malam. Sedekah juga dapat dilakukan dengan cara jahr (diketahui orang) atau dengan sirri (diam-diam). Yang terpenting adalah bagaimana kita dapat bersedekah dengan hati yang ikhlas semata-mata mencari ridlho Allah SWT dan tidak mengharapkan imbalan atau pujian dari orang lain. 

Lalu apa saja  manfaat dan keutamaan yang diperoleh dari bersedekah? Berikut ini kami jelaskan beberapa keutamaan yang diperoleh dari bersedekah:

1.    Menghindarkan dari segala cobaan.
Melalui sedekah, Allah SWT dapat merubah takdir hambanya yeng seharusnya mendapat sebuah kesulitan, akan tetapi karena seorang muslim bersedekah maka Allah SWT mempermudah kesulitan yang dialaminya atau bahkan menghilangkan kesulitan tersebut sesuai dengan sabda Rasulluah SAW, “Sesungguhnya bersedekah dapat menolak 70 jenis pintu cobaan”.

     2.    Menyembuhkan berbagai penyakit.
Seorang muslim wajib meyakini semua yang ada dalam Al-Qur’an dan Al-Hadits. Terkadang apa yang ada didalamnya tidak rasional karena keterbatasan akal yang dimiliki oleh manusia. Dalam hadits Nabi diriwayatkan bahwasanya bersedekah dapat menyembuhkan berbagi penyakit tentunya atas izin Allah SWT dzat yang menyembuhkan segala penyakit.

     3.    Menjaga harta benda.
Dengan bersedekah, Allah menjaga harta benda yang dimiliki oleh hamba-hambnya karena sejatinya sedekah adalah cara untuk mensucikan harta yang dimiliki oleh setiap muslim.

     4.    Menolak ghodhob (murka) Allah SWT.
Sedekah juga dapat menghapus dosa-dosa yang kita miliki yang pada akhirnya kita dapat terhindar dari murka Allah SWT.

     5.    Menambah kasih sayang antar manusia.
Pada dasarnya manusia memiliki sifat yang senang untuk dicintai, dipedulikan, dan ditolong. Melalui sedekah, hubungan antara manusia khususnya antar muslim akan semakin baik dan harmonis yang akhirnya timbul rasa saling mencintai dan saling peduli. 

     6.    Memperpanjang umur.

Dengan bersedekah Allah SWT membuat umur hamba-hambanya menjadi barokah sehingga selalui dihiasi dengan amal-amal yang sholih. Meskipun ia berumur pendek akan tetapi dengan bersedekah seakan-akan ia hidup dengan memiliki umur yang panjang karena sedekah dengan ikhlas adalah amal jariyah yang pahalanya selalu mengalir setiap waktu.

Oleh karenanya, setiap muslim yang memiliki kelebihan dalam urusan duniawi sudah saatnya untuk mau bersedekah di jalan Allah SWT terkhusus kepada orang-orang yang sedang membutuhkan apalagi kepada sanak saudara yang kurang mampu. Dengan bersedekah kepada sanak saudara yang kurang mampu paling tidak sudah melakukan dua kebaikan yaitu bersedekah dan menyambung hubungan silaturrahmi dengan saudaranya. Wallahu A’lam. Baca juga NASEHAT BIJAK SAYYIDINA ABU BAKAR AS-SHIDDIQ.


Refrensi: Kitab Mukasyafatul Qulub dan Kitab Al-Mawa’idzul Ushfuriyyah.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "6 MANFAAT SEDEKAH BAGI UMAT MUSLIM"

Berlangganan via Email