RINTIHAN SUARA SIKSA DI DALAM KUBUR

Seorang Ulama’ bernama Abdulloh bin Madini suatu saat mendapatkan kabar dari sahabatnya. Sahabatnya pun menceritakan, “Saat aku hendak keluar menuju rumahku, waktu maghrib datang menghampiriku. Akhirnya aku memutuskan untuk sholat terlebih dahulu di sebuah bangunan di dekat sebuah kuburan. Ketika aku sudah merampungkan sholat maghribku tiba-tiba aku mendengar suara rintihan dari arah kuburan. Aku dengarkan suara itu dengan baik dan terdengar, “ Aduh! Bukankah aku orang yang melakukan puasa, bukankan aku orang yang melakukan sholat, mengapa aku disiksa dengan dikuliti seperti ini?”, Aku tersentak kaget kemudian aku memanggil temanku yang ada disisi sampingku dan bertanya, “Apakah engkau mendengar suara rintihan itu?”. “Ya, aku mendengarnya”, Jawab temanku. Kemudian kita kembali bersama-sama kembali menuju rumah.  Rasa penasaran akan suara rintihan yang kudengar sebelumnya memutuskan aku untuk kembali besok harinya di waktu yang sama saat matahari mulai terbenam di ufuk barat. Kemudian aku sholat magrib di tempat yang sama seperti sebelumnya dan ketika aku sudah merampungkan sholat maghribku aku mendengar suara yang sama seperti sebelumnya, “Aduh! Bukankah aku orang yang melakukan puasa, bukankan aku orang yang melakukan sholat, mengapa aku disiksa dengan dikuliti seperti ini?”. Kemudian aku pulang ke rumahku dan setelah itu aku didera sakit panas selama kurang lebih dua bulan”.

kisah siksa kubur

Abdulloh bin Madini yang mendengarkan cerita dari sahabatnya kemudian berkata, “Aku juga pernah mengalami hal sama seperti yang engkau ceritakan kepadaku. Saat kecil aku berziarah mengunjungi makam ayah handaku untuk membaca Al-Qur’an untuknya setelah sholat subuh saat Bulan Romadlan. Kira-kira di 10 akhir bulan Romadlon atau bahkan di hari Lailatul Qodar. Tiba-tiba aku mendengar sebuah rintihan yang keras, “Aduh! Aduh! Aduh!”, Suara itu muncul mengagetkanku dari arah sebuah kuburan yang dibangun dengan indah dan dilapisi oleh marmer yang putih. Sesaat aku menghentikan bacaan Al-Qur’anku dan berusaha mendengarkan suara itu dengan lebih jelas lagi. Dan benar ternyata suara yang menggelegar itu muncul dari siksa kubur di dalam kuburan yang indah tersebut. Saat matahari mulai muncul dan menyinari bumi, aku bertanya kepada seorang tentang siapakah gerangan orang yang dikuburkan tersebut. Kemudian orang yang kutemui itu menjelaskan bahwasanya orang  yang dikuburkan tersebut dulunya adalah seorang yang rajin beribadah di masjid dan selalu sholat fardlu tepat pada waktunya dan tidak banyak bicara kecuali seperlunya. Jawaban tersebut masih membingungkan pikiranku bagaimana ada orang yang sholih tetapi mendapat siksaan didalam kuburnya. Kemudian aku berusaha meneliti lebih lanjut kepada beberapa orang yang kutemui. Salah satu dari mereka menjelaskan bahwasanya dulunya ketika ia masih hidup ia adalah  seorang pedagang yang kaya raya dan suka memakan harta riba serta tidak mau bersedekah kepada tetangga-tetangganya karena takut hartanya berkurang sampai ajal menjemputnya.

Dari kisah ini maka dapat diambil pelajaran bagi kita semua bahwasanya siksa kubur adalah hal yang nyata bahkan di Bulan Ramadlan yang penuh dengan rahmat yang wajib diimani oleh seluruh umat Islam. Segala amal perbuatan yang kita lakukan didunia akan mendapatkan balasannya kelak. Barang siapa ia melakukan kebaikan meskipun sekecil biji sawi ia akan melihat balasannnya dan sebaliknya barang siapa yang melakukan keburukan walaupun sekecil biji sawi ia juga akan mendapatkan balasannya. Semoga kita semua dituntun oleh Allah SWT dan diberi kekuatan dalam melaksanakan perintahnya dan meninggalkan segala larangannya. Amiin Ya Rabbal ‘Alamin. Baca juga Cara Menangis Para Kekasih Allah.

Sumber Kitab Az-Zawajir


Keyword: kisah islami, siksa kubur, rintihan siksa kubur, siksa dalam kubur, kisah siksa kubur, adzab kubur

Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "RINTIHAN SUARA SIKSA DI DALAM KUBUR"

Berlangganan via Email