MANFAAT IBADAH PUASA DI BULAN ROMADHON

Ibadah sejatinya adalah perintah Alloh SWT yang disyariatkan kepada seluruh manusia. Ibadah sendiri tidak terlepas dari manfaat yang terkandung didalamnya. Puasa merupakan salah satu dari sekian banyak ibadah yang dicintai oleh Alloh dan Rasul-Rasulnya.  Puasa sudah lama disyariatkan oleh Alloh SWT bahkan kepada umat-umat sebelum Nabi Muhammad SAW. Umat Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh  Alloh untuk melakukan ibadah Puasa, baik itu puasa yang hukumya wajib atau puasa yang hukumnya sunnah. Puasa yang hukumnya wajib ini dilakukan sekitar 29/30 hari tahun Hijriyyah di setiap bulan Romadhon datang. Sedangkan untuk puasa sunnah dilakukan setiap saat mulai Puasa Senin-Kamis, Puasa Ayyamul Bild, Tarwiyyah, Arofah, Tasyu’a, Asyuro, Puasa Syawwal, Puasa Nabi Daud dan puasa-puasa yang lain.

manfaat ibadah puasa romadhon

Puasa-puasa ini memiliki beberapa manfaat baik untuk diri sendiri, kemasyarakatan, atau sisi kesehatan. Diantaranya adalah:

         1.    Melatih kesabaran


Dengan puasa manusia akan menjadi lebih sabar, karena dalam setengah hari mereka diajarkan untuk menahan haus dan lapar, terlebih menahan syahwat dan hawa nafsunya. Sesuai dengan sabda Rosulluah yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah
الصيام نصف الصبر
Artinya: Puasa adalah setengah dari sifat sabar.

    2. Persatuan umat
Dengan adanya puasa terlebih lagi saat Bulan Romadhon datang, umat muslim bersatu dalam beribadah menjalankan puasa seperti acara-acara buka bersama yang dihadiri oleh berbagai macam golongan, pangkat dan suku yang semuanya makan bersama-sama dengan makanan dan tempat duduk yang sama.

    3.    Keadilan
Puasa merupakan cermin bagi umat muslim yang diberikan rizki yang lebih oleh Alloh. Banyak fakir miskin yang kesulitan dalam makan di setiap harinya. Dengan puasa umat manusia merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang fakir miskin yang pada akhirnya menggugah hati untuk saling berbagi dan bersedekah kepada yang membutuhkan.

    4.    Menjaga dari kerusakan
Puasa adalah benteng yang menjaga dan mengontrol hawa nafsu agar tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang tercela. Puasa dapat menjaga diri dari syahwat dan tipu daya iblis.

    5.    Menjaga kesehatan
Diriwayatkan oleh Abu Hurairoh, Nabi bersabda: صوموا تصحوا
Artinya : “Berpuasalah kalian semua, maka kaliah semua akan sehat”.
Beberapa dokter mengatakan, puasa dapat menghilangkan bagian-bagian yang berlebih dalam tubuh yang tidak sehat dalam setahun. Puasa juga dapat menjadikan perut tidak terisi penuh sehingga dapat menyehatkan lambung dan juga menghilangkan sel-sel yang tidak perlu dalam tubuh.

Tentu masih banyak manfaat dari melakukan ibadah puasa terlebih puasa Romadhon untuk umat muslim. Oleh karenanya seyogjanya kita untuk selalu meningkatkan ketakwaan kepada Alloh SWT salah satunya adalah dengan melakukan ibadah puasa. Wallohu A’lam. Baca juga KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN, BULAN PENUH RAHMAT.


Keyword: manfaat puasa, manfaat puasa romadhon, manfaat berpuasa, manfaat ibadah puasa, manfaat ibadah puasa romadhon.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "MANFAAT IBADAH PUASA DI BULAN ROMADHON"

Berlangganan via Email