KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN, BULAN PENUH RAHMAT

Mengapa dinamakan bulan Ramadhan?. 

Ramadhan adalah sebuah nama bulan ke-sembilan setelah bulan sya’ban dalam penanggalan tahun hijriyyah. Nama bulan Ramadhan sendiri berasal dari bahasa arab yang bearti terbakar, karena di dalam bulan Ramadhan ini umat muslim khususnya harus menahan panasnya haus dan lapar atau menurut riwayat yang lain dikarenakan terbakarnya dosa-dosa yang telah dilakukan sebelumnya.

keutamaan bulan ramadhan

Bulan Ramadhan memiliki beberapa keutamaan dibanding bulan-bulan hijriyyah lainnya. di dalam bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa dengan segala manfaat yang didapatkan dari berpuasa, baca juga MANFAAT IBADAH PUASA DI BULAN RAMADHAN. Tidak hanya itu, keutamaan bulan Ramadhan lainnya adalah sebagai berikut:

    1.    Bulan diturunkannya kitab-kitab suci Allah SWT.
Dalam bulan ramadhan Allah SWT menurunkan kitab suci-Nya kepada para utusan yang dipilih seperti Allah menurunkan suhuf  kepada Nabi Ibrohim a.s saat malam pertama bulan Ramadhan, Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa a.s pada malam ke-enam bulan Ramadhan, Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa a.s pada malam ke-tiga belas bulan Ramadhan, Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud a.s pada malam ke-delapan belas bulan Ramadhan sedangkan Al-Qur’an yang menjadi pedoman bagi umat muslim diturunkan Allah pada malam ke-dua puluh empat Bulan Ramadhan. 

   2.    Allah mengharamkan api neraka untuk orang-orang yang berbahagia akan datangnya bulan Ramadhan.
Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barang siapa yang senang akan datangnya bulan Ramadhan maka Allah SWT akan mengharamkan jasadnya dari api neraka”. Bahkan diriwayatkan ketika datang bulan Ramadhan yang penuh rahmat Allah berfirman, “Barang siapa yang mencintaiku maka aku akan mencintainya, barang siapa yang mencariku maka aku akan mencarinya, dan barang siapa yang meminta ampun kepadaku maka aku akan mengampuninya dengan sebab kemuliaan bulan Ramadhan.” Kemudian Allah memerintahkan malaikat pencatat amal untuk menulis segala amal kebaikan dan tidak menulis segala amal keburukan dan Allah menghapus segala dosa-dosa yang telah lampau.

    3.    Dikabulkannya doa.
Rasulluah SAW bersabda, “Seandainya umatku tahu tentang apa yang ada di bulan Ramadhan maka mereka akan berharap agar setahun yang dilalui menjadi bulan Ramadhan”. Bulan ini menjadi bulan yang sangat mulia dikarenakan didalamnya berkumpul banyak kebaikan, dan Allah menerima segala amal ibadah yang dilakukan, doa-doa dikabulkan, segala dosa diampuni dan surga rindu kepada orang-orang yang mencintai bulan Ramadhan.

Oleh karenanya sebagai umat muslim yang masih diberikan kesempatan hidup untuk beribadah kepada Allah SWT seyogjanya benar-benar memanfaatkan datangnya bulan Ramadhan dengan cara mengisinya dengan berbagai amal saleh dan ketaatan karena didalamnya banyak rahmat dan ampunan yang diberikan oleh Allah SWT. Maka maukah anda sebagai umat muslim merugi karena tidak mendapat keberkahan dan kemuliaan bulan suci ini?. Wallahu A’lam. Baca juga TINGKATAN DERAJAT DAN NIAT PUASA RAMADHAN.


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "KEUTAMAAN BULAN RAMADHAN, BULAN PENUH RAHMAT"

Berlangganan via Email