KELEMBUTAN HATI SAYYIDINA UMAR BIN KHOTTOB

Pernah suatu hari Kholifah Umar bin Khattob RA berjalan-jalan menyusuri jalan kecil Kota Madinah. Di tengah perjalanan ia bertemu dengan seorang anak yang sedang bermain dengan seekor burung kecil. Hati Umar bin Khattab pun tidak tega melihat seekor burung kecil yang sedang dibuat mainan. Lalu ia tergerak untuk membeli burung tersebut. Sang anak pun bersedia untuk menukarkan burung yang ada ditangannya dengan beberapa uang. Alhasil burung kecil itu sekarang milik Sayyidina Umar kemudian ia melepaskannya agar bisa terbang bebas. 

kisah umar bin khottob

Setelah Kholifah Umar bin Khattob wafat, seorang sahabat bermimpi bertemu dengannya dan bertanya, “ Wahai Umar, apa yang Allah sediakan untukmu?”. Kholifah Umar pun menjawab, “Allah SWT telah mengampuni semua dosa dan kesalahanku”. Kemudian sahabat itu bertanya, “ Sebab apakah Allah mengampunimu?Apakah Sebab sifat dermawanmu?”. “Bukan”, Jawab Kholifah Umar.  “sifat adilmu?”, tanya sahabat itu. Kholifah Umar menjawab, “Bukan”. “Ataukah sifat zuhudmu?” Tanya sahabat itu sekali lagi . Lantas Kholifah Umarpun menjawab, “Bukan, Tatkala aku dimasukkan ke dalam kubur dan tanah-tanah menguburku, aku berada sendirian di dalam kubur dan kemudian datang dua orang malaikat. Aku ketakutan melihat keduanya. Kemudian kedua malaikat itu mendudukkanku dan hendak bertanya kepadaku. Tiba-tiba terdengar sebuah suara, “Tinggalkanlah hambaku dan janganlah kalian menakutinya sesungguhnya Aku (Allah) telah mengampuninya dengan rahmat-Ku sebab dia telah menyayangi seekor burung kecil ketika hidup di dunia maka sekarang giliran Aku merahmatinya.”

Dari kisah ini kita dapat mengambil sebuah pelajaran bahwasanya barang siapa yang merahmati (sayang) dengan makhluk Allah ketika di dunia, maka kelak Allah dan Malaikat-Nya akan merahmatinya. Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Umar yang berbunyi, “ orang yang lemah-lembut akan disayangi oleh Allah SWT dzat yang Pengasih, oleh karenanya lemah lembutlah kalian kepada mahluk Allah di dunia maka kalian akan disayang dan dirahmati oleh para penduduk langit”. Baca juga 10 Jawaban Berbeda Sayyidina Ali Bin Abi Tholib.

keyword: kisah sahabat umar, kisah umar, kholifah umar, sayyidina umar, kelembutan umar, kisah kholifah umar, kisah umar bin khottob

Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "KELEMBUTAN HATI SAYYIDINA UMAR BIN KHOTTOB"

Berlangganan via Email