CIRI-CIRI ORANG SAKIT AKAN MENINGGAL DUNIA

Meninggal adalah suratan takdir yang akan dilalui oleh setiap yang bernyawa tak terkecuali umat manusia. Kematian tidak bisa diharapkan datangnya atau ditolak kedatangannya karena semua yang bernyawa sudah ditulis hidup dan matinya oleh Allah SWT di Lauhil Mahfudz. Oleh karenanya manusia wajib mempersiapkan dirinya dari kematian dengan beriman dan banyak beramal soleh ketika hidup di dunia agar tidak menyesal besok di Akhirat.

ciri-ciri orang akan meninggal

Beberapa  dari  manusia  diberikan keistimewaan oleh  Allah SWT dengan mengetahui kapan kematiannya seperti beberapa Rasul  utusan Allah dan orang-orang yang sholih. Tapi tidak juga yang hanya diberikan tanda-tanda sebelum ajal menjemput  seperti melalui  sakit. Sakit dapat menjadi  rahmat yang diberikan Allah SWT kepada hambanya bila mana dapat melaluinya dengan sabar dan penuh syukur. Ada beberapa ciri-ciri dan fase yang dilalui oleh orang yang akan meninggal dunia karena sakit sesuai keterangan yang ada dalam kitab ‘Usfuriyyah, diantaranya adalah :

Fase Pertama, Allah mengambil kekuatan dalam tubuhnya. Dalam fase ini Allah memerintahkan Malaikat yang pertama untuk mengambil segala daya dan kekuatan yang ada dalam tubuh sehingga seorang yang sakit akan merasaan lemas dan tidak berdaya.

Fase Kedua, Selera makan hilang. di fase selanjutnya Allah memerintahkan Malaikat kedua untuk mengambil nafsu makannya sehingga orang sakit tidak selera dan tidak merasakan nikmatnya makanan yang masuk meskipun rasanya  sangat lezat.

Fase Ketiga, Allah mencabut  cahaya mukmin diwajahnya. Dalam fase ini Allah memerintahkan Malaikat ketiga untuk mencabut nur (cahaya mukmin) yang ada diwajah seorang yang sakit sehingga wajahnya terlihat menguning dan pucat.

Fase keempat, Allah menghapus segala dosanya. Di fase ini Allah memerintahkan Malaikat keempat untuk menghapus segala dosa-dosa yang telah diperbuat sehingga menjadi kembali seperti seorang bayi yang baru dilahirkan .

Setelah melalui empat fase ini maka semua urusan dikembalikan oleh Allah. bilamana orang yang sakit terebut sudah datang waktu ajalnya maka Allah akan memerintahkan Malaikat Izroil untuk mencabut nyawanya dan bilamana Allah berkehendak untuk menyembuhnya maka Allah memerintahkan ketiga malaikat yang telah mengambil kekuatan, selera makan, dan nur di wajah untuk mengembalikannya seperti sedia kala dan tidak memerintahkan malaikat yang keempat untuk mengembalikan dosa-dosa yang telah diperbuatnya. Beruntunglah orang-orang yang dapat bersabar dan bersyukur ketika mendapatkan musibah berupa sakit oleh Allah SWT karena akan menjadi penghapus dosa-dosa yang telah diperbuatnya seperti sabda Rasulluah SAW, “Sakit panas sehari dan semalam akan menjadi penghapus dosa yang diperbuat selama setahun.” Wallahu A’lam. Baca juga KETAHUI KEUTAMAN ORANG YANG SUDAH SEPUH.

keyword: ciri orang meninggal, ciri ciri orang akan meninggal, ciri ciri orang sakit akan meninggal, tanda tanda kematian, tanda orang sakit akan meninggal


Mohon apabila mengcopy paste tulisan ini atau segala tindakan yang mengambil sumber harap mencamtumkan link/url aktif ke laman ini. Terima kasih.

No comments for "CIRI-CIRI ORANG SAKIT AKAN MENINGGAL DUNIA"

Berlangganan via Email